Tips Mendesain Kemasan Makanan



Tips Mendesain Kemasan Makanan – Mendesain merupakan kegiatan yang sangat mengasikkan. Dengan mendesain atau menggambar kita bisa mengungkapkan ide dan gagasan kita yang abstrak dalam benak dan fikiran. Mendesan atau menggambar merupakan kegiatan atau hobi yang mungkin diidamkan oleh banyak orang. Tahukah anda, bahwa kegiatan mendesain akan menghasilkan finansial yang cukup fantastis.

Tips Mendesain Kemasan Makanan


Namun hal ini akan terjadi jika anda melakukan usaha pada bidang kuliner atau makanan. Pengemasan bukan hanya menjadi hal yang dibutuhkan dalam melindungi makanan itu sendiri, tetapi juga memerikan citra dan penilaian dari para konsumen atau pembeli. Berbicara kemasan, bukan hanya makanan saja yang perlu digaris bawahi. Semua produk akan memerlukan yang namanya kemasan. Sebenarnya tips mendesain kemasan makanan telah banyak dan mudah kita temukan dalan media online. Pasalnya, kemasan juga sangat beragam sekali bahan dasar yang digunakan mulai dari plastik hingga kertas.

Melihat banyaknya bahan dasar dalam kemasan, maka akan menyulitkan kita untuk membahas lebih spesifik. Agar pembahasan dalam artikel kali ini tidak meluas, makan kami membatasinya pada kemasan makanan yang berbahan dasar kertas. Bahan dasar dalam kemasan untuk makanan menjadi idaman bagi para pengusaha kuliner. Selain lebih aman, murah dan mudah diaplikasikan, kemasan makanan kertas akan menyelamatkan kita dari gunung plastik yang akan mengancam keselamatan.

Telah disebutkan diatas bahwa kegiatan mendesain akan menghasilkan finansial yang cukup fantastis. Lalu apa hubungannya dengan kemasan makanan kertas yang kita bahas kali ini. Dengan kemasan yang cantik dan modern, tentu akan memberikan pengalaman yang baru pagi para pelanggan. Selain itu juga, mereka tidak akan gengsi mengenalkan produk kita kepada kerabat atau keluarga mereka yang belum mengetahuinya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mendesain kemasan makanan agar omzet penjualan bertambah, kami memberikan tips yang sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan. Namun begitu, tips ini tidak bisa menjamin karena semuanya kembali pada anda semua. Ini merupakan gambaran sederhana dari pengalaman pribadi agar menjadi inspirasi bagi para pembaca sekalian. Simak ulasannya berikut ini.


1. Gunakan Kemasan Yang Bisa Didaur Ulang
Sudah menjadi kebiasaan kita, pembungkus makanan tidak akan digunakan lagi setelah makanan yang ada didalamnya sudah dikonsumsi. Inilah mengapa anda memang harus lebih selektif dalam memilih bahan pembuatan kemasan makanan kertas tersebut. Ada berbagai macam bahan yang kerap dimanfaatkan untuk membuat kemasan makanan tersebut. Mulai dari kertas hingga plastick. Tetapi anda bisa mempertimbangkan produk kemasan yang ramah terhadap lingkungan seperti yang terbuat dari bahan kertas.

2.  Gunakan Motto Atau Slogan Pada Kemasan Makanan
Cara lainnya yang bisa anda pilih untuk menemukan desain kemasan makanan food grade terbaik untuk usaha kuliner anda adalah dengan cara menyisipkan slogan. Anda pastinya sudah kerap menemukan usaha kuliner yang menyelipkan slogan bukan? YA, ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan target pasar agar lebih luas. Dan ternyata dengan menyisipkan slogan ini juga akan lebih menarik dan tidak membosankan.

Misalnya  anda bisa menyelipkan slogan di kemasan makanan seperti “keripik tempe, harum dan gurih rasanya”. Jika kita nilai, mungkin akan terlihat sepele tetapi ternyata dengan adanya slogan inilah maka akan membuat usaha kuliner anda semakin terkenal oleh masyarakat dan khususnya pelanggan setia kita. Jika hal ini anda lakukan, siap-siap sajan anda akan lebih mudah mendapatkan pasar dan pelanggan

3. Sesuaikan Dengan Usaha Anda
Sebagai contonya apabila anda memiliki usaha kuliner pisang goreng maka anda bisa mengaplikasikan gambar pisang goreng pada kemasan makanan atau paper lunch box  yang anda pilih. Ada berbagai macam bentuk gambar yang bisa anda pilih. Tetapi gambar kartun mungkin akan lebih menarik dibandingkan dengan gambar real. Jangan sampai juga pembungkus anda memiliki desain yang terlalu berlebihan.

Contoh diatas bisa kita aplikasikan ke dalam usaha anda dan yang terpenting juga harus disesuaikan. Desain kemasan makanan yang anda pilih juga bisa disesuaikan dengan jenis kuliner yang anda bangun. Ini banyak dipilih oleh sebagian besar pelakuk usaha dalam memilih kemasan. Dengan cara inilah anda tidak perlu pusing lagi untuk memilih desain kemasan tersebut. Dengan menentukan desain kemasan makanan berdasarkan apa yang anda jual ternyata juga lebih menarik.

4. Pilihlah Desain Yang Sederhana Tetapi Menarik

Untuk menciptakan food grade paper lunch box yag menarik, gunakan desan yang simple dan sederhana. Walaupun pembungkus atau kemasan makanan lebih menarik jika terdapat desain diatasnya tetapi akan sangat membosankan jika ternyata desain yang anda pilih untuk membungkus makanan tersebut berlebihan. Konsumen memang cenderung memilih usaha kuliner yang memiliki pembungkus sendiri dibandingkan yang tidak.




Comments

Popular Posts